Montag, 7. Januar 2013

Die Begriffe im Computerbereich


Istilah dalam computer………

11.      3D Studio Max
Arti : Software untuk pembuatan animasi tiga dimensi. Sejak pertama kali dirilis, 3D Studio Max menjadi pemimpin aplikasi pembangunan animasi tiga dimensi. Sejak versi ke empat, Discreet, produsen 3D Studio Max, berusaha untuk meluaskan area fungsinya sehingga dapat digunakan untuk membuat animasi bagi Web atau film. Versi terbarunya, yaitu versi 5, sudah mengarah kepada perluasan fungsi tersebut. Hal ini ditunjukkan dengan adanya pengembangan pada polymodelling, mapping dan beberapa beberapa revisi pada tool untuk animasi. Namun dari fitur-fitur yang ada, fitur yang paling menarik dari 3D Studio Max versi 5 adalah reactor. Reactor ini terintegrasi dengan interface dari 3D Studio Max dan menyediakan tool untuk membuat simulasi.

3D Studio Max ini sering digunakan untuk membuat model-model rumah atau furniture. Selain itu, banyak pula digunakan di dalam seni digital dan pembuatan game.
22.      AAC (Advanced Audio Coding)
Format standar untuk suara digital. Pengembangannya memiliki tujuan untuk menggantikan format suara MP3. AAC umumnya digunakan sebagai format standar untuk suara pada perangkat seperti iPhone, iPod, serta aplikasi iTunes.
33.      Abend (Abnormal end)
Penghentian sebuah program atau proses yang tidak normal diakibatkan oleh terjadinya kesalahan input data oleh user atau crash program.

44.      ABI (Application Binary Interface)
 Pemafaran spesifikasi perangkat keras dan sistem operasi yang sedang digunakan.
55.      AbiWord
Aplikasi GNOME Office untuk mengolah kata (word processing). AbiWord tergolong dalam salah satu perangkat lunak open source yang dilisensi dengan GNU GPL (General Public License). Karena bisa digunakan sebebas-bebasnya termasuk juga melakukan modifikasi sesuai kebutuhan.
66.      Abort
Perintah untuk membatalkan jalannya suatu program secara paksa dan mengembalikan ke sistem operasi.
77.      Access
Kegiatan mengambil atau menyimpan data dari atau ke memori atau ke disk drive.
88.      Access Method
Perangkat lunak yang mengontrol pemindahan data antara penyimpan utama dan peralatan input dan output dalam sebuah sistem.
99.      Access Point
Sebuah pusat atau titik penghubung komunikasi antar perangkat tanpa kabel (Wireless) dengan tujuan untuk membentuk suatu jaringan wireless.
110.  Access Privilege
Hak untuk membuka dan mengubah direktori dan isi dari server dimana user dapat mengontrol akses kepada informasi bersifat konfidensial yang tersimpan dalam direktori server
111.  Access Provider
Sebuah perusahaan yang mem-provide suatu sistem komputer yang menghubungkan komputer user dengan internet
112.  Access Time
 Istilah untuk mengukur kecepatan akses pada media penyimpanan maupun memory. Access time pada Hard Disk dan CD-Rom diukur menggunakan satuan milidetik, sedangkan pada memory menggunakan satuan nanodetik. makin kecil angka access time menunjukkan kecepatan yang lebih tinggi
113.  Accessibillity
Cara men-set tombol, suara, tampilan dan lain sebagainya pada sistem operasi Windows.
114.  Accessories
Pada sistem operasi Windows, accessories adalah program-program tambahan, misalnya Calculator, Notepad, Wordpad, Paint, dll.
115.  Account
Akses ke sebuah komputer atau network. Untuk mengakses biasanya diperlukan username dan password. account seperti halnya disebuah bank, komputer-komputer yang dipakai oleh lebih dari satu orang memakai rekening-rekening untuk mengawasi (dan menagih) siapa yang sedang mengerjakan sesuatu pada sistemnya. Ketika anda menandatangani dengan penyedia jasa layanan internet, anda diberikan sebuah nama rekening yang membolehkan anda untuk mengakses
116.  Account
 Relasi yang terbentuk antara pemakai dan komputer, jaringan atau servis informasi. User account terdiri dari nama atau identitas pemakai dan password
117.  Accoustic Coupler
Alat sejenis modem sederhana untuk mengirim data-data komputer melalui saluran telepon. Alat ini mengubah sinyal biner menjadi sinyal akustik untuk diterima mikrofon telepon, sinyal akustik dari speaker telepon akan diubah menjadi sinyal digital.
118.  Accumulator
Bagian dari arithmetic unit sebuah komputer untuk menyimpan hasil dari perhitungan sementara atau beberapa operasi lain.
119.  ACK (Acknowledgement)
Sebagian besar protokol data transfer mengirimkan sebuah acknowledgement message, yang menjadi indikasi bahwa sebuah data yang terkirim telah diterima dengan baik. Jika yang dikirim oleh pengirim adalah NAK (Negative Acknowledgement) maka berarti data yang dikirim berikutnya tidak akan ditransfer sebelum ada ACK. Disini digunakan sistem Cheksum verification. ACK adalah pesan dari mesin ke mesin, dan tidak terikat oleh pengguna komputer
220.  Acknowledge
Tanda dari terminal penerima bahwa pengiriman pesan telah sampai tanpa ada kesalahan. Acknowledge berasal dari kata Acknowledgement


0 Kommentare:

Kommentar veröffentlichen

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More