Sonntag, 6. Januar 2013

Badan Penyiaran – Sebuah Sistem Ganda



Keanekaragaman media massa masih tetap tercermin dalam badan-badan penyiaran radio dan televisi tradisional. Awal mulanya pada tahun 1920-an (radio) dan 1950-an (televisi) sebagai programa yang disiarkan oleh badan publik. Mulai akhir tahun 1980-an spektrum itu diperluas dengan berkembangnya sistem ganda yang mencakup badan penyiaran publik dan badan pe­nyiaran swasta. Sekarang terjadi persaingan antara kurang lebih 430 badan penyiaran radio yang umumnya bersifat lokal atau regional.

Televisi di Jerman dapat dibedakan menurut wilayah jangkauan, supraregional atau regional, dan menurut jenis tayangan, programa lengkap atau programa spesifik. Bila dibandingkan dengan pertelevisian di Eropa dan di bagian dunia lain, Jerman
memiliki beberapa di antara badan penyiaran terbesar, baik yang publik, dibiayai oleh iuran, (ARD dan ZDF) maupun televisi swasta yang gratis (RTL, SAT.1, ProSieben) serta teve swasta langganan, sky. Programa-programa lengkap menayangkan seluruh rangkaian isi dari genre yang ada, dari siaran berita, film, serial dan show hingga olahraga. Programa spesifik dibedakan menurut saluran berita (n-tv, N24), musik (VIVA, MTV) dan olahraga (DSF). Tergantung dari modus teknik (terestris, satelit, kabel, pita lebar, mobil) dan dari jenis sinyal (analog atau digital), pemirsa dapat menerima sampai ratusan programa berbahasa Jerman dan siaran internasional, seperti CNN, BBC atau TV5, di samping itu lebih dari 20 siaran nasional dari badan penyiaran publik. Programa televisi tersebut mencakup kedua saluran nasional utama, ARD dan ZDF, serta sejumlah programa yang diproduksi secara regional, tetapi disiarkan di seluruh Jerman, seperti WDR, MDR dan BR. Di samping itu ada televisi khusus, seperti saluran dokumentasi Phoenix, atau kanal KIKA khusus untuk anak-anak. Pilihan siaran itu diperluas lagi dengan adanya tiga badan penyiaran internasional, yaitu Deutsche Welle (DW-TV), stasiun Jerman yang melayani pemirsa di luar negeri, saluran Jerman-Perancis arte, dan saluran budaya Jerman-Austria-Swis 3sat.

Di samping tugas menjamin pelayanan informasi pokok serta spesifikasi acara siaran yang ditentukan oleh undang-undang, badan penyiaran publik mempunyai kewajiban penting lain, yaitu memelihara ketaktergantungan di bidang politik dan ekonomi. Kegiatan badan penyiaran tersebut dalam menyertai programa dengan tayangan di internet cukup menarik juga. Namun di sini selalu dapat timbul konflik dengan televisi swasta yang khawatir akan adanya persaingan tak seimbang, kalau pengaruh “badan bersubsidi” di pasaran menjadi terlalu kuat. Tekanan bagi badan penyiaran publik bertambah lagi oleh ke­nyataan bahwa jumlah orang muda yang menonton acaranya terus menyusut. Biarpun sikap pengguna dipengaruhi, untuk sebagian secara kuat, oleh internet dan komunikasi mobil: Rang­kaian media tradisional di Jerman masih tetap tergolong yang paling beraneka ragam dan kaya akan faset. Bebas dan pluralistis, menjaga mutu dan menghibur, berorientasi nasional dan internasional.


0 Kommentare:

Kommentar veröffentlichen

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More